Jumat, 19 Juni 2015

BUAH



BUAH (Fructus)
A.    Iktisar Tentang Buah
Buah pada tumbuhan umumnya dapat dibedakan dalam dua golongan, yaitu:
a.      Buah semua atau buah tertutup, yaitu jika buah itu terbentuk dari bakal buah beserta bagian bagian lain pada bunga itu, yang malahan menjadi bagian utama buah ini (lebih besar, lebih menarik perhatian, dan seringkali merupakan bagian buah yang bermanfaat, dapat dimakan).
b.      Buah sungguh atau buah telanjang, yaitu jika buah terjadi dari bakal buah dan ada bagian bunga lainnya yang masih tinggal bagian ini tidak merupakan bagian buah yang berarti.
B.     Penggolongan Buah Semu
Menurut penggolongannya buah semu dapat dibedakan menjadi:
a.       Buah semu tunggal, yaitu buah semu yang terjadi dari satu bunga dengan bakal buah. Misalnya:
1.      Tangkai bunga, pada buah jambu monyet (Anacardium occidentale)
2.      Kelopak bunga, pada buah ciplukan (Physalis minima)
b.      Buah semu ganda, yaitu jika pada satu bunga terdapat lebih daripada satu bakal buah yang bebas satu sama lain. Misalnya buah arbe (Fragraria vesca).
c.       Buah semu majemuk, yaitu buah semu yang terjadi dari bunga majemuk, tetapi seluruhnya dari luar tampaak seperti satu buah saja, misalnya buah nangka (Artocarpus integra), dan keluwih (Artocarpus communis).
C.     Penggologan Buah Sungguh (Sejati)
Buah sejati dapat dibedakan dalam 3 golongan, yaitu:
1.      Buah sejati tunggal, yaitu buah sejati yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal
-          Buah mangga (Mangifera indica), mempunyai satu ruang dengan satu biji
-          Buah papaya (Carica papaya), yang terjadi dari beberapa daun buah dengan satu ruang dan banyak biji
-          Buah durian (Durio zibethinus) yang terdiri atas beberap daun buah, mempunyai beberapa ruang, dan dalam tiap ruangnya terdapat beberapa biji.
2.      Buah sejati ganda, yang terjadi dari satu bunga dengan beberapa bakal buah yang bebas satu sama lain, dan masing masing bakal buah menjadi satu buah. Misalnya, pada cempaka (Michelia champaca)
3.      Buah sejati majemuk, yaitu buah yang berasal dari suatu bunga majemuk, yang masing-masing bunganya mendukung satu bakal buah, tetapi setelah menjadi buah tetap berkumpul, sehingga seluruhnya tampak seperti satu buah saja, misalnya pada pandan (Pandanus tectorius).
D.    Buah Sejati Tunggal
Buah sejati tunggal dapat dibedakan lagi dala dua golongan, yaitu:
1.      Buah sejati tunggal yang kering (siccus), yaitu buah sejati tunggal yang bagian luarnya keras dam menggayu seperti kulit yang kering, misalnya buah kacang tanah (Arachis hypogea), padi  (Oryza sativa)
2.      Buah sejati tunggal yang berdaging (carnosus), yaitu jika dinding buahnya menajadi tebal berdaging. Dinding buah (pericarpium) seringkali dengan jelas dapat dibedakan dalam tiga lapisan yaitu:
-          Kulit luar (exocarpium atau epicarpium), merupakan lapisan tipis, tetapi seringkali kuat atau kaku seperti kulit, dengan permukaan yang licin
-          Kulit tengah (mesocarpium), biasanya tebal berdaging atau berserabut, dan jika lapisan ini dapat dimakan, maka lapisan inilah yang dinamakan daging buah (sarcocarpium), misalnya pada mangga (Mangifera indica)
-          Kulit dalam (endocarpium), yang berbatasan dengan ruang yang mengandung bijinya, seringkali cukup tebal dan keras. Misalnya pada kenari (Canarium commune) kelapa ( Cocos nucifera)
E.     Iktisah Buah Sejati Tunggal Yang Kering
1.      Buah sejati tunggal yang kering dapat dibedakani dalam lagi:
a.       Buah padi (cariyopsis), yang dinamakan buah padi adalah: buah berdinding tipis, mengandung satu biji, dan kulit buah berlekatan dengan kulit biji, sedang kulit biji ini kadang-kadang berlekatan pula dengan bijinya. Pada buah yang demikian ini orang seringkali tidak membedakan buah dengan biji, misalny: buah padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays), sebutir gabah atau sebutir jagung yang sehari-hari kita namakan biji, sebenaranya adalah buah.
b.      Buah kurung (achenium), yaitu buah berbiji satu, tidak pecah, dinding buahnya tipis, berdampingan dengan kulit biji, tetapi tidak berlekatan, misalnya buah bunga matahari (Helianthus annuus), buah bunga pagi sore atau buah bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)
c.       Buah keras (nux). Seperti  buah kurung, yang seringkali hanya dibedakan dari buah kurung karena buah ini mempunyai kulit buah yang kaku atau keras berkayu. Misalnya, buah sarangan (Castanea argentea)
d.      Buah keras bersayap (samara). Seperti buah keras, tetapi pada kulit buah terdapat suatu alat tambahan berupa sayap, yang menyebabkan buah dapat berterbangan jika tertiup angin, misalnya pada warga suku Dipterocarpaceae
2.      Buah sejati tunggal kering yang mengandung banyak (lebih dari satu) biji.
a.       buah berbelah (schizocarpium). Buah ini mempunyai dua ruang atau lebih,tiap ruang berisi satu biji. Buah berbelah dapat dibedakan dalam :
·         Buah berbelah dua (diachenium), misalnya pada buah pegagan
·         Buah berbelah tiga (triachenium),misalnya pada trapaeolum majus L.
·         Buah berbelah empat (tetrachenium), misalnya pada buah selasih (ocimum basilicum)
·         Buah berbelah banyak (polyachenium)
b.      Buah kandaga (rhegma) buah ini mempunyai sifat buah berbelah,tetapi tiap bagian buah dipecah. Menurut jumlah kandaga buah ini dapat dibedakan dalam:
-          Buah berkendaga dua (dicoccus), buah ini jika masak pecah menjadi dua bagian buah.
-          Buah berkendaga tiga (tricocus), jika masak akan pecah menjadi tiga bagian buah.
-          Buah berkendaga lima (pentacoccus),jika masak buah ini akan pecah menjadi lima bagian buah
-          Buah berkendaga banyak (polycoccus), jika masak dapat menjadi beberapa bagian buah.
c.       Buah kotak, yaitu suatu buah kering sejati tunggal yang mengandung banyak bji. Buah kotak dapat dibedakan dalam :
·         Buah bumbung (folicullus) buah ini tersusun atas sehelai daun buah. Misalnya pada buah biduri (calotropis gigantea dryand)
·         Buah polong (legumen) buah ini terbentuk dari satu daun buah pula dan mempunyai satu ruangan atau lebih (karena adanya sekat-sekat semu). Misalnya pada kembang merak (caesalpinia pulcherrima swartz)
·         Buah lobak, tersusun atas dua daun buah,mempunyai satu ruangan dengan dua tembuni pada perlekatan daun buahnya. Misalnya lobak (raphanus sativus).
·         Buah kotak sejati (capsula). Buah ini terjadi dari dua daun atau lebih dan mempunyai ruangan yang jumlahnya sesuai dengan banyaknya daun buah. Misalnya buah anyelir (dianthus caryophyllus)
F.      Ikhtisar buah sejati tunggal yang berdaging
Buah yang termasuk golongan ini umumnya tidak pecah jika sudah masak,walaupun ada pula yang jika telah masak kemudian pecah, misalnya buah pala (myristica fragrans). Buah sejati tunggal yang berdaging:
-          Buah buni (bacca), buah yang dindingnya mempunyai dua lapisan. Misalnya pada buah pepaya (carica papaya)
-          Buah mentimun (pepo), buah yang bagian luar lebih tebal dan lebih kaku, misalnya pada buah waluh (cucurbita moschata)
-          Buah jeruk, buah yang dianggap sebagai satu variasi buah buni, dalam ruangan terdapat gelembung-gelembung yang berarir. Misalnya pada jeruk nipis (citrus aurantifolia swingle)
-          Buah batu (drupa), buah mempunyai kulit buah yang terdiri dari tiga lapisan, misalnya pada pohon kelapa (cocos nucifera)
-          Buah delima. Kulit buah yang merupakan lapisan luar kaku, misalnya pada buah delima (punica granatum)Buah apel (pomum), buah batu dengan kulit dalam yang tipis,kulit tengah yang tebal,lunak,berair. Misalnya terdapat pada buah apel (pyrus malus)
G.    Buah sejati ganda
Buah sejati ganda adalah buah terjadi dari satu bunga dengan banyak bakal buah yang masing-masing bebas,tumbuh menjadi buah sejati. Buah sejati ganda dibedakan dalam:
·         Buah kurung ganda, misalnya pada mawar (rosa hybrida). Dalam badan yang berasal dari dasar bunga yang berbentuk periuk.
·         Buah batu ganda, misalnya pada jenis-jenis rubus (rubus fraxinifolius)
·         Buah bumbung ganda, misalnya pada pohon cempaka (michelia champaka)
·         Buah buni ganda, misalnya pada srikaya (annona aquamos)
H.    Buah sejati majemuk
Kumpulan banyak buah, yang berasal dari satu bunga. Buah sejati ganda di bedakan dalam :
-          Buah buni majemuk, bakal buah bunga dalam bunga majemuk membentuk satu buah buni. Misalnya pada nanas (ananas comosus).
-          Buah batu majemuk, mempunyai kulit buah dengan tiga lapisan, misalnya pada buah kelapa (cocos nucifera)
-          Buah kurung majemuk, merupakan bunga majemuk yang terdiri atas bunga-bunga mandul di tepi dan bunga yang subur tengah.

PERTANYAAN
1.      Bagaimana proses terjadinya buah semu ganda?
2.      Pada buah sejati tunggal berdaging ada 3 lapisan, apakah pada setiap buah yang berdaging memliki 3 lapisan itu?
JAWABAN
1.    Proses terjadinya pada buah semu ganda, dapat dilihat pada buah arbe (Fragraria vesca), ikut tumbuh dan membesar serta berdaging tebal dan bagian tebal itu berisi cadangan makanan.
2.    Tidak, karena buah ini memiliki 3 lapisan jika dinding buahnya menjadi tebal berdaging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar